Kolaborasi Pendidikan dan Pemasyarakatan: MoU Antara UMKABA dan Lapas Kendal

Tanggal 20 Januari 2024 menjadi tonggak sejarah bagi Universitas Muhammadiyah Kendal Batang (UMKABA) dan Lembaga Pemasyarakatan Kabupaten Kendal (Lapas Kendal) dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama. Kedua entitas ini bersatu dalam upaya untuk meningkatkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di dalam lingkungan penjara.

Kehadiran dari pihak UMKABA yang diwakili oleh Dr. Utomo, M.Pd (Wakil Rektor 3 UMKABA), Ns. Eliyana, MNS (Bidang Kerjasama UMKABA), dan H. Taufik Pandan Winoto, S.H, M. H (Dekan Fakultas Humaniora dan Sains UMKABA) dari pihak UMKABA, serta Kepala Lapas Kendal, Bapak A. Wisnu Saputro, A.Md.IP., S.I.P beserta stafnya, menjadi simbol kesungguhan dan komitmen untuk menjalankan kerjasama ini.

Kolaborasi penelitian antara UMKABA dan Lapas Kendal menghadirkan beberapa program kegiatan baru yang berkelanjutan. Tim dari kedua pihak dapat bersinergi dalam mengeksplorasi berbagai bidang kerjasama  Hal ini dapat menghasilkan penemuan-penemuan yang bermanfaat tidak hanya untuk narapidana, tetapi juga untuk perkembangan ilmu pengetahuan secara keseluruhan.

Di bidang pengabdian masyarakat, kerjasama ini membawa perubahan positif yang lebih luas. UMKABA akan berperan aktif dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti penyuluhan, pelatihan, dan pemberdayaan masyarakat di sekitar Lapas Kendal. Inisiatif ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung bagi proses reintegrasi narapidana ke dalam kehidupan sosial.

MoU ini menciptakan model kolaborasi yang unik dan progresif antara dunia pendidikan dan pemasyarakatan. Dengan demikian, masyarakat mendapat gambaran bahwa pendidikan bukanlah hak yang terbatas, dan rehabilitasi narapidana adalah investasi bagi kemajuan sosial. Kerjasama ini menjadi teladan untuk kolaborasi serupa di seluruh tanah air, menandai langkah menuju masyarakat yang lebih inklusif dan adil.

Tinggalkan Balasan

×